Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SD NEGERI DAWUHAN

Agus Dwijayanto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Karma Iswasta Eka (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Tri Yuliansyah Bintaro (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini menerapkan  model pembelajaran inkuiri  untuk  meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar  pada tema Kayanya Negeriku. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan siswa yang diketahui dari hasil observasi, wawancara, dan nilai ulangan siswa yang menunjukkan bahwa 60% dari jumlah seluruh siswa belum mencapai KKM yaitu 65. Subjek penelitian  ini  yaitu  siswa  kelas  IV SD  Negeri  2 Dawuhan Kulon tahun  pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini  dilaksanakan  dalam  2  siklus,  setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi.  Instrumen  pengumpulan data  yang digunakan  yaitu lembar observasi,  skala sikap   serta soal evaluasi. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan ketuntasan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 23,5%  dan pertemuan 2 sebesar 58,8%. Siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Perolehan ketuntasan belajar pada akhir siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu >80%.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat  meningkatkan  sikap  peduli lingkungan  dan  prestasi  belajar  siswa  pada  tema Kayanya Negeriku, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...