Majalah Ekonomi
Vol 24 No 2 (2019): Desember

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA

Christina Menuk Sri Handayani (Unknown)
Fauziyah Fauziyah (Unknown)
Tri Ariprabowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Perguruan tinggi swasta, senantiasa berbenah diri untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain, tidak hanya PTN namun juga PTS. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang pengaruh kualitas pelayanan tenaga kependidikan tehadap kepuasan mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang termasuk dalam kategori 10 besar PTS di Jawa Timur dan kategori 100 besar perguruan tinggi di Indonesia non-politeknik. Sampel 120 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan diambil secara acak. Data diambil dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan pengujian instrumen dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pelayanan jasa tenaga kependidikan dari lima dimensi dalam kategori sangat kuat berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan jasa tenaga kependidikan yang diberikan dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Emphaty (kepedulian tenaga kependidikan akan kebutuhan mahasiswa, kemampuan tenaga kependidikan berkomunikasi dengan mahasiswa) memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Copyrights © 2019