SPEKTRUM INDUSTRI
Vol 10, No 2: Oktober 2012

PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

Bianca, Audra (Unknown)
Susihono, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

AbstrakIklim organisasi yang baik, menentukan keberlangsungan suatu perusahaan untuk menjalankanusahanya, sedangkan perencanaan karir yang terprogram dapat meningkatkan kinerja karyawan. Padaumumnya perusahaan menuntut karyawan untuk memberikan kontribusi yang maksimal agar keuntunganperusahaan optimal, sedangkan karyawan membutuhkan jaminan kerja dan terpenuhinya hak sesuaiperundangan. Kondisi ini akan tercapai apabila ada integrasi dari berbagai elemen kegiatan.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh iklim organisasi dan pengembangan karir terhadapkepuasan kerja di Perusahaan menggunakan metode uji regresi berganda.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadapkepuasan kerja dimana hasil uji T nilai signifikansinya sebesar 0.072, begitu juga dengan pengembangankarir berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dimana hasil uji T nilai signifikansinya sebesar0.421 (p value dengan α = 0.05). Model regresi menunjukkan bahwa iklim organisasi memberi pengaruhnegatif terhadap kepuasan kerja, sedangkan pengembangan karir memberi pengaruh positif. Iklimorganisasi dapat diperbaiki melalui psikologi kerja, motivasi kerja, beban kerja yang sesuai, perbaikanstruktural dapat dilakukan dengan memberikan kenyamanan fasilitas kerja, pemberian penghargaanpada karyawan yang berprestasi. Kata Kunci : iklim organisasi, karir, kepuasan kerja

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

Spektrum

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Spektrum Industri is a media published scientific articles in the science scope related to engineering and/or industrial management both research and theoretical. Literature review will be considered if it is written by an expert. Spektrum Industri is published by Universitas Ahmad Dahlan in twice ...