Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
Vol 3, No 2 (2019): November 2019

STRATEGI PENGHIDUPAN MASYARAKAT DESA HUTAN DI DESA KUCUR, KECAMATAN DAU, KABUPATEN MALANG

Sriroso Satmoko (Agribusiness, Diponogero University)
Agus Subhan Prasetyo (Agribusiness, Department of Agriculture, Faculty of Animal and Agricultural Sciences, University of Diponegoro)
Yugo Indah Pertiwi (Program Studi Sosiologi Pascasarjana, Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Program pembangunan yang terus berlangsung tidak hanya memberikan kemajuan ekonomi dan teknologi, melainkan mendorong meningkatnya aktivitas eksploitasi lingkungan oleh manusia, terutamanya pada kawasan desa hutan. Namun pada masyarakat desa hutan yang memegang nilai-nilai keseimbangan antara ekonomi, ekologi dan sosial merupakan aset bagi pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganilis kepemilikan aset masyarakat desa hutan dan strategi penghidupannya. Penelitian dilakukan pada masyarakat Desa Hutan di Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan tabulasi sederhana untuk mempotret situasi dan kondisi wilayah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan aset masyarakat Desa Hutan terdapat lima aset yaitu aset alam, aset fisik, aset finansial, aset manusia dan aset sosial budaya. Selain itu, strategi penghidupan yang dilakukan masyarakat desa hutan melalui sistem penghidupan ganda. Penghidupan tersebut berasal dari bertani melalui sistem agroforestry pada lahan hutan rakyat, berternak dan pekerjaan lainnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

agrisocionomics

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agrisocionomics (Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian) memuat naskah hasil penelitian bidang sosial, ekonomi dan kebijakan pertanian. Agrisocionomics diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Agrisocionomics terbit dua kali setahun, ...