Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 1, No 1 (2004): Vol 1 No 1 Januari 2004

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN VERBAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWAKELAS LIMA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUKONANDI YAGYAKARTA

Effendi, Kusno (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2012

Abstract

AbstrakTujuan utama dari penelitian ini adalah 1) memahami hubungan antara konsep diri dankemampuan verbal dengan prestasi belajar, 2) memahami perbeaan konsep diri dan kemampuan verbalsiswa laiki-laki dengan siswa perempuan.Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Muhammadiyah di KotamadyaYogyakarta. Dua sekolah dari 8 sekolah yang termasuk kategori baik (A) yang menjadi populasipenelitian adalah SD Muhammadiyah Sukonandi dan SD Muhamadiyah Karangkajen. Sampelpenelitian berjumlah 79 anak terdiri dari 42 siswa laiki-laki dan 37 siswa perempuan yang memilikiumur dari 9 s/d 13 tahun.Data konsep diri dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket yang terdiri dari 32pertanyaan. Sementara data kemampuan verbal siswa dikumpulkan dengan menggunakan Tes VerbalWISC. Dokumentasi digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data prestasi belajar.Hasil analisa data menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara konsep diridan kemampuan verbal dengan prestasi belajar, R = 0.520, p = 0.000 < 0.025. (2) Tidak adaperbedaan konsep diri antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, t = 0.621, p = 0.544 <0.025. (3) Tidak ada perbedaan kemampuan verbal antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan,t = 0.796 p =0.566 > 0.025.

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...