Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol 3 No 1 (2019): April 2019

Pelaksanaan Pijat Shiatsu Malalui Tutor Sebaya bagi Penyandang Tunanetra

Sinaga, Rotama (Unknown)
Amsyaruddin, Amsyaruddin (Unknown)
Efendi, Jon (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, ada penyandang tunanetra yang mengalami masalah dalam proses pelaksanaan pijat shiatsu di PSBN Tuah Sakato Padang. Berdasarkan hal di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan data tentang bagaimana pelaksanaan pijat shiatsu melalui tutor sebaya bagi penyandang tunanetra di PSBN Tuah Sakato Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengambarkan keadaan suatu objek atau subjek yang diteliti dengan menggunakan data dan informasi yang telah ditemukan di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru/instruktur pijat shiatsu dan penyandang tunanetra X. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato Padang dengan mengambil kelas lanjutan. Hasil penelitian ini akan menggambarkan tentang bagaimana pelaksanaan pijat shiatsu melalui tutor sebaya yang meliputi proses pelaksanaan pijat shiatsu melalui tutor sebaya, kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan pijat shiatsu serta usaha apa yang digunakan untuk mengatasi kendala yang dihadapi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...