Jurnal e-Komunikasi
Vol 6, No 2 (2018): VOL 6, NO 2 AUGUST 2018

Outcomes of Relationships Organisasi Nirlaba X dengan Karyawannya

Jennifer Jacinda (Unknown)
Otto B. Wahyudi (Unknown)
Titi Nur Vidyarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Organisasi nirlaba X merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial. Dalam setiap pelaksanaan kegiatannya, karyawan memegang peranan penting didalamnya. Maka dari itu, penting bagi organisasi ini untuk mengetahui sejauh manakah relasi yang telah dibangunnya dengan karyawan, mengingat bahwa dibanding dengan organisasi nirlaba lain, organisasi ini memiliki variasi kegiatan yang lebih banyak, walau dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit. Selain memberi keuntungan bagi organisasi, diukurnya relasi yang telah dibangun organisasi dengan publik kuncinya, dalam hal ini karyawan, bisa memancarkan nilai dan tujuan fundamental dari seorang public relations. Dengan menggunakan teori excellence of public relations, peneliti mengukur outcomes of relationships dari organisasi nirlaba X dengan karyawannya, menggunakan 6 elemen hubungan, yakni control mutuality, trust, satisfaction, commitment, exchange relationships, dan communal relationships. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 78 orang, dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa outcomes of relationships organisasi nirlaba X dengan karyawannya tergolong tinggi, dengan mean keseluruhan sebesar 3,45.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...