DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2019): September

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERSUMBER DARI ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B ANDI PATTEDDU KABUPATEN BARRU

Fitri, Riskal (Unknown)
Mursidin, Mutmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2019

Abstract

Abstrak ? Proposal Penelitian dengan judul Peningkatan Kemampuan Kognitif  Anak  Melalui Penggunaan Media bersumber dari alam di Taman Kanak-kanak  Kelompok  B  Andi Patteddu Kabupaten Barru, memiliki tujuan ? Untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kelompok B  Andi Patteddu Kabupaten Barru, Untuk mengetahui cara peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Kelompok B Andi Patteddu Kabupaten Barru, dan untuk mengetahui peningkatan  kemampuan kognitif anak usia dini setelah menggunakan media pembelajaran bersumber dari alam di TK kelompok B Andi Patteddu Kabupaten. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif  anak melalui penggunaan media bersumber dari alam di Taman Kanak-Kanak Andi Patteddu dengan subjek penelitian 15 orang anak didik dan seorang guru di kelompok B. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Luaran penelitian akan dipublikasikan minimal pada jurnal nasional ber-ISSN. Hasil Penelitian Pada siklus I yang telah dilaksanakan 3 kali pertemuan persentase kemampuan kognitif anak dengan  2  indikator yaitu:  mengelompokkan benda sesuai bentuk,warna dan ukuran  pada pertemuan  3  telah mencapai 19,8 % , sedangkan indikator dalam membuat urutan bilangan  pada pertemuan ke 3 mencapai 26,4%.  Peningkatan tersebut belum mampu memenuhi kriteria indikator keberhasilan sebesar 80%. Maka dari itu peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus II ini guru melakukan kegiatan pra bermain, dimana dengan kegiatan ini agar anak didik dapat bermain dengan baik, pada siklus II pertemuan 3 menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan kognitif anak.  Kriteria berkembang sangat baik sesuai  indikator  yang dicapai anak  diperoleh antara lain  1) memahami cara menyusun benda dari panjang ke pendek  telah mencapai 80%, 2)  mengurutkan bilangan 1 sampai 20 telah mencapai 86,6%, 3) meniru angka telah mencapai 86,6%  sehingga penelitian dihentikan pada siklus II pertemuan 3 karena sudah mencapai target 80% yakni Berkembang Sangat Baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...