Jurnal Masyarakat Merdeka (JMM)
Vol 2, No 2 (2019): NOVEMBER

Perancangan Sistem E-Marketplace Untuk Produk Khas Betawi Dari Jakarta (studi kasus: Setu Babakan)

Nur Hayati (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional Jakarta Indonesia)
Irmawati Irmawati (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional Jakarta Indonesia)
Toto Himawan (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional Jakarta Indonesia)
Novi Dian Nathasia (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional Jakarta Indonesia)
Ridwan Ahmad Ma’arif (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional Jakarta Indonesia)
Tri Ichsan Saputra (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional Jakarta Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Pada 2018 jumlah pengguna internet telah mencapai angka 171,17 juta jiwa diseluruh Indonesia yang setara dengan 64,8% dari total keseluruhan penduduk Indonesia yang berjumlah 264,16 juta jiwa, menurut riset Google yang dilaporkan oleh e-Conomy SEA pada tahun 2018 angka transaksi ekonomi digital Indonesia ditetapkan sebagai peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara dengan kontribusi 49%. Perancangan sistem e-marketplace yang ditujukan untuk mengenalkan ciri khas dari produk betawi di Jakarta merupakan hal yang baik, sebab saat ini produk khas betawi tergolong sangat sulit ditemukan di Jakarta. Metode yang digunakan untuk perancangan sistem yaitu Rational Unified Process atau yang biasa disingkat dengan RUP memiliki 4 fase yang terdiri dari: inception, elaboration, contruction, transition. UML (Unified Modeling Language) digunakan pada tahap analisis dan perancangan guna mempermudah pemahaman atas sistem yang dibangun, kemudian tahap pengujian dilakukan dengan menggunakan blackbox testing. Kata Kunci: e-marketplace, codeigniter, rational unified process, sistem informasi, unified modeling language.

Copyrights © 2019