Jurnal Teknologi
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Teknologi

Identifikasi Potensi Sistem Panasbumi Berdasarkan Korelasi Data Geologi Dan Data Gravitasi Dengan Menggunakan Teknik Filtering First Horizontal Derivative (FHD) - Second Horizontal Derivatif (SVD)

Syafrima Wahyu (Teknik Fisika, Univesitas Binawan, Jakarta)
Yunus Daud (Magister Program in Geothermal Eksploration Graduate Program of Physical Sciences, Department of Physics, FMIPA Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok 16424, Indonesia)
Tony Rahadinata (Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi, Badan Geologi, Kementrian ESDM, Bandung)
Sari Sekar Ningrum (Teknik Lingkungan, Universitas Binawan, Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Daerah panasbumi “Z” dalam tatanan tektoniknya termasuk pada jalur back-arc Sumatera, tepat pada salah satu segmen sesar Sumatera bagian selatan, disusun oleh batuan vulkanik dan sedimen klastik yang berumur Tersier hingga Kuarter (Andesit-Basalt). Gejala adanya potensi sistem panasbumi pada daerah penelitian ditandai dengan kemunculan manifestasi permukaan berupa alterasi dan lima mata air panas bersuhu 44,4 – 92,5 oC dan pH antara 8,19 – 9,43. Pengolahan Data gravitasi menggunakan teknik pemisahan Complete Bouguer Anomali (CBA), filtering First Horizontal Derivative (FHD) dan filtering Second Vertical Derivative (SVD) untuk mengetahui kemungkinan lokasi sumber panas dan letak bidang kontak terjadinya anomali serta jenis sesarnya. Berdasarkan slicing lintasan FHD dan SVD, struktur pada peta geologi didominasi oleh sesar naik dan sesar normal yang bersifat regional, serta struktur dengan kompleksitas tinggi yang bersifat lokal. Kemunculan manifestasi permukaan sistem panasbumi berada disekitar nilai anomali residual gravitasi tinggi (8 – 24 mgal) yang mengindikasikan terdapatnya batuan yang kompak dan massif. Diperkirakan sistem panasbumi daerah penelitian termasuk jenis tektonik fracture zone serta anomali tinggi yang berada di sekitar APZ1-APZ2-APZ3 tersebut terdapat batuan intrusi yang berperan penting sebagai sumber panas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JTek

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Teknologi merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya. Sejak pertamakali dipublikasikan tahun 2010, Jurnal Teknologi telah terbit sebanyak 10 kali. Ruang lingkup dari jurnal teknologi adalah perancangan Alat dan ...