EDUPEDIA
Vol 3, No 2 (2019): Oktober

PENERAPAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII F SMP N 2 KAUMAN

Elma Pebriana (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Dwi Avita Nur Hidayah (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan media geogebra yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman, (2) mengetahui peningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman dengan media geogebra.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa. Penerapan media geogebra dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian menerapkan langkah 5M yang selanjutnya siswa mempraktikkan media geogebra saat mengumpulkan informasi. Dari hasil analisis data tes tiap indikator berada pada kategori tinggi dengan persentase . Hasil analisis data observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa 81,01% mengalami peningkatan menjadi 88,22%. Sedangkan untuk persentase keterlaksanaan pembelajaran guru pada siklus I sebesar 98,14% menjadi 100%. Dengan demikian penerapan media geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...