Sejak tahun 2017, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Dharma Karya Universitas Terbuka (UT). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan GLS di SD Dharma Karya, untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat pelaksaaan GLS, dan mendeskripsikan tahap GLS yang diterapkan disana. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV-1 di SD Dharma Karya UT. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas IV-1 telah melaksanakan GLS sesuai jadwal, siswa sudah mulai menyukai membaca, namun buku yang tersedia masih sangat kurang sehingga pengalaman membaca siswa sangat terbatas. Faktor pendukung yang nampak adalah bahwa kepala sekolah mempunyai komitmen yang baik untuk melaksanakan kegiatan GLS, kemudian guru-guru dan siswa serta komponen sekolah yang lain juga menunjang untuk suksesnya kegiatan GLS di SD Dharma Karya. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Literasi Sekolah Dasar
Copyrights © 2019