PO. Lorena merupakan usaha yang bergerak dalam bidang transportasi antar propinsi hampir diseluruh wilayah Indonesia dimana penyajian pemesanan tiket, pengolahan data stok tiket bus, laporan administrasi dan sering kali terjadi human error yang ditemukan dalam perhitungan sisa kursi kosong masih dilakukan secara manual yang menjadi salah satu permasalahannya. Untuk mempermudah calon penumpang dalam mendapatkan pelayanan tersebut, maka perlu adanya suatu aplikasi pemesanan tiket bus berbasis Java. Dalam penelitian ini, untuk membangun aplikasi tersebut menggunakan model penelitian grounded research berdasarkan data-data nyata yang ada di lapangan dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Metode pengembangannya dengan metode Waterfall. Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dan software MySql sebagai database server. Hasil pengujian menggunakan pengujian Black-Box yang menunjukkan bahwa sistem dapat berfungsi sesuai kebutuhan pengguna yang dapat beralih ke sistem komputerisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem informasi dan menjadi alternatif bagi calon penumpang dan karyawan
Copyrights © 2019