TECHNOBIZ : International Journal of Business
VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER

DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN: APAKAH PERAN PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL?

Citra Lutfia (Universitas Airlangga)
Widi Hidayat (Universitas Airlangga)
Frida Fanani Rohma (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dalam memediasi hubungan antara manajemen laba, tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba, kepemilikan manajerial, tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan tidak berdampak terhadap nilai perusahaan yang perlu menjadi perhatian. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadinya manajemen laba tidak dapat memicu reaksi pasar. Menariknya, tidak ditemukannnya hubungan tata kelola mengindikasikan bahwa dmungkinkan terjadi asimetri informasi yang menyebabkan pemilik saham institusional tidak puas atas kinerja manajerial, sehingga memutuskan untuk menjual sahamnya ke pasar dan berdampak pada penurunan nilai perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan tidak berdampak pada hubungan variabel mediating. Dengan demikian, perlu digarisbawahi bahwa tendensi pelaporan tanggung jawab sosial masih rendah serta dimungkinkan investor di Indonesia cenderung berpikir jangka pendek, sedangkan pengungkapan tanggungjawab sosial merupakan strategi jangka panjang perusahaan dalam menjaga keberlangsungan perusahaan yang kurang dipertimbangkan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

technobiz

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

TECHNOBIZ : International Journal of Business merupakan jurnal yang memuat artikel dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi dan bisnis secara umum seperti ekonomi publik dan moneter, ekonomi keuangan daerah, ekonomi lingkungan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen ...