Jurnal Madani
Vol 2 No 2: September 2019

Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah

Mei Lyna Girsang (Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Muhammad Rasyid Ridlo (Universitas Sumatera Utara)
Aprilla Utari (TK. Mawar Indah Medan)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menyimak siswa Kelompok B TK Mawar Indah dengan metode Story Telling. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak Kelompok B TK Mawar Indah melalui penggunaan metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B TK Mawar Indah, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan menyimak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target dari hasil penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan menyimak anak dengan kriteria sangat baik miniml mencapai 81%. Pada kondisi awal, kemampuan menyimak anak diperoleh hasil rata-rata sebanyak 42,5%. Setelah dilakuan tindakan pada Siklus I, peningkatan kemampuan menyimak diperoleh hasil rata-rata sebanyak 76,25%. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan dengan hasil rata-rata mencapai hingga 97,5%. AbstractThe aim of this classroom action research is to increase children’s Listening ability in group B TK Mawar Indah through Story Telling Method.This is a classroom action research which is collaboratively piloted by researchers and the teachers. The sample of the research were 20 childrens of group B TK Mawar Indah consisting of 8 boys and 12 girls. The object of the study is the listening ability. Data collection is done through action test. The data is analyzed by using quantative descriptive. The target of this research is the improvement of listening ability of the children with a very good criteria at least 81%. The result showed that listening ability of children increased after being given action through story telling. The increasing can be seen from the initial condition of listening ability of group B children by 42,5%, then in the first cycle increased to 76,25% and then increased in the second cycle to 97,5%. The researches were stopped in the cycle II because the indicator has been fullfilled.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini ...