Abstrak. PT. Media Bumi Animha adalah salah satu perusahaan surat kabar berskala kabupaten, yang menerbitkan koran Papua Selatan Pos. Perusahaan ini beroperasi di wilayah Papua dan berkantor di kabupaten Merauke. Jumlah pelanggan khususnya di kabupaten Merauke 203 pelanggan. Untuk memberikan pelayanan yang baik, tentunya perusahaan perlu mengetahui keluhan dari pelanggan tentang produk yang di jual. Sebagai bahan evaluasi untuk perusahaan guna pelayanan yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan membangun Customer Relationship Management (CRM) Pada PT. Media Bumi Animha (Papua Selatan Pos) Berbasis Web agar dapat menampung keluhan pelangan, serta dapat membantu perusahaan dalam mengolah data pelanggan serta pelaporan keluhan pelanggan. Metode pengembangan sistem ialah waterfall dan pengujian sistem menggunakan BlackBox serta Kuisioner untuk memastikan bahwa sistem relevan dengan tujuan penelitian. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada PT. Media Bumi Animha (Papua Selatan Pos) Berbasis Web dapat menampung keluhan pelanggan dan dapat membantu perusahaan dalam mengolah data pelanggan serta pelaporan keluhan pelanggan. Kata kunci : Keluhan, pelanggan, Customer Relationship Management.
Copyrights © 2019