Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
Vol 14 No 01 (2019): jebi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Aliansi Perdagangan Antar Negara

dewi, Kadek ayu susiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Aliansi/integrasi ekonomi internasional, regional dan multilateral telah dianggap sebagaibidang utama penelitian di bidang ekonomi internasional dan perdagangan internasional. Kolaborasiekonomi semacam ini memberikan beberapa dampak signifikan pada strategi negara-negara yangbersekutu dengan aliansi dalam kawasan yang terintegrasi secara ekonomi. Ekonomi pasar bebastelah memunculkan realisasi/pembentukan pasar regional atau blok. Munculnya integrasi ekonomiregional ditandai dengan pembentukan blok khusus atau zona ekonomi seperti zona EURO, NAFTAdan sebagainya. (Dewi, et.al, 2015). Penelitian ini adalah analisis deskriptif berdasarkan kajiankajianempiris yang ditujukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukanaliansi perdagangan atau ekonomi antar negara, dan juga pola dan struktur aliansi strategis ekonomidi dalam anggota aliansi itu sendiri. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemunculan dan jugaadopsi kebijakan integrasi ekonomi di tingkat negara berkontribusi terhadap pola dan struktur aliansistrategis yang dipraktikkan di antara negara-negara anggota. Lebih khusus lagi, penerapan kebijakanpasar bersama dipengaruhi oleh keseimbangan neraca perdagangan (trade balance) yaitu ekspor danimpor, letak geografis dan Pendapatan Kotor Domestik dan faktor-faktor tersebutjuga memberikanimplikasi pada pola dan struktur kolaboratif dalam strategi perdagangan dan ekonomi di negaranegaraanggota aliansi tersebut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jebi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management ...