Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
Vol 14 No 01 (2019): jebi

Analisis Peramalan Hasil Produksi Gitar Dengan Menggunakan Model Apx500ii Bulan Januari 2015 Pada PT Yamaha Music Manufacturing Indonesia (Metode Forecasting Dan QM For Windows)

Haryanti, Dewi (Unknown)
Phalipi, Syahnan (Unknown)
Hamzah, Muhammad Ichwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian di bidang manajemen pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis suatu data statistik secara deskriptif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode peramalan kuantitatif (forecasting). Tujuan penelitian adalah dapat mengetahui peramalan produksi gitar model APX500II bulan Januari 2015 pada PT. Yamaha Music Manufacturing Indonesia menggunakan metode forecasting dan QM for Windows. Sehingga hasil produksi gitar sesuai dengan permintaan pasar dan tidak terjadi pemborosan atau kerugian akibat produksi berlebih. Serta dapat mengetahui nilai MAD dan MSE yang paling sesuai untuk meramalkan hasil produksi gitar bulan Januari 2015. Lokasi penelitian dilakukan pada PT. Yamaha Music Manufacturing Indonesia. Penelitian dilaksanakan pada 08 Desember 2014 sampai 09 Januari 2015 selama satu bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ke enam metode peramalan yang digunakan, nilai MAD dan MSE yang paling rendah yaitu nilai MAD sebesar 391,0755 dan MSE 246.291,6152. Maka dapat diperoleh nilai peramalan hasil produksi gitar model APX500II untuk bulan Januari 2015 sebesar 1.068.4695 unit.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jebi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management ...