Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Vol 2, No 1: December 2019

KEKUATAN 7P BAURAN PEMASARAN TERHADAP PILIHAN MAHASISWA BERKULIAH DI PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNIVERSITAS INDONESIA

Pijar Suciati (Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia)
Mareta Maulidiyanti (Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tujuh faktor bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) yang mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa untuk memilih berkuliah di Program Pendidikan Vokasi UI. Metode penelitian ini adalah kuantitatifdengan teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Data tersebut dianalisis dan diinterprestasikan secara univariatdan multivariat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah; mahasiswa memilih berkuliah di perguruan tinggi vokasi dipengaruhi oleh seluruh faktor bauran promosi, namun faktor Promotion yang berpengaruh paling kuat, walaupun kekuatannya adalah sedang. Promosi memberikan pengetahuan mengenai kurikulum dan program magang yang mereka jalani di Vokasi UI, maka hal itu yang menjadi alasan utama mereka dalam menentukan keputusan. Generalisasi penelitian ini masih belum sempurna, masih diperlukan untuk melakukan penelitian sejenis ke beberapa perguruan tinggi vokasi lainnya, untuk memvalidasi hasil dari penelitian ini. Saran praktisbagi praktisi Public Relations di perguruan tinggi vokasi adalah; rencanakan program-program sosialisasi yang lebih mengarah pada program sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang menjadi target sasaran. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsht

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Sosial Humaniora Terapan is a journal which contains publications in applied science including the social sciences and ...