Supply Chain Management memiliki dasar semangat kolaborasi baik internal maupun eksternal. Sebelum melakukan kolaborasi dengan pihak eksternal, suatu perusahaan harus memiliki internal kolaborasi yang baik terlebih dahulu karena kolaborasi internal yang baik merupakan dasar bagaimana kolaborasi eksternal nantinya terbangun. Penelitian ini mengambil studi kasus di PT X yang merupakan perusahaan manufaktur wiring harness atau perakitan kabel. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan memberikan usulan peningkatan internal supply chain collaboration index. Pengambilan data dilakukan dari bulan Februari hingga April 2019. Data diambil menggunakan kuesioner dimana kuesioner tersebut disusun berdasarkan teori, tugas dan wewenang setiap divisi dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada setiap divisi di PT X. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah untuk mendapatkan index dari setiap variabel kolaborasi dan dilakukan perhitungan collaboration index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa range nilai collaboration index PT X sudah yaitu 3,66 hingga 4,94, sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan kolaborasi di PT X sudah baik. Akan tetapi, masih terdapat hubungan kolaborasi yang kurang sesuai sehingga diberikan beberapa usulan agarhubungan kolaborasi bisa meningkat.
Copyrights © 2019