Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan
Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019

Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jereweh

Muhammad Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Jereweh pada mata pelajaran PKn dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) . Penelitian in merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 1 Jereweh dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus dan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, kegiatan dan pengamatan, repleksi dan revisi pelaksanaan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes formatif. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata kelas yaitu pada saat siklus 1 persentase ketuntasan 34,61% pada siklus 2 persentase ketuntasan 69,23%, dan pada siklus 3 persentase ketuntasan 100 %, sedangkan ketuntasan maksimal yang tuntas meningkat 34,62 % dari siklus 1 ke siklus 2, dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebanyak 30,77 %.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Description

Jurnal Lentera: Jurnal studi Pendidikan diterbitkan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumbawa Barat. Lentera terbit bulan Januari dan Juli setiap tahun. Lentera memuat kajian-kajian Ilmiah Pendidikan yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam ...