EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN
Vol. 3 No. 2 (2019): Early Childhood: Jurnal Pendidikan

Pengembangan Karakter Self Efficacy pada Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Pembelajaran Self Regulated Learning

Fajar Nugraha (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Budi Hendrawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2020

Abstract

Self efficacy sangat berperan dalam tumbuh kembang seseorang, terutama bagi anak berkebutuhan khusus yang berada pada sekolah inklusi. Rasa percaya diri erat kaitannya dengan pendidikan, pendidikan merupak pilar utama pembentuk karater manusia atas dasar itu maka kemampuan yang dimiliki seorang anak perlu ditingkatkan guna membentuk karakter mereka untuk bisa berbaur dengan teman lainnya. Maka dari itu peneliti ingin mengembangan karakter rasa percaya diri akan potensi yang dimiliki pada anak berkebutuhan khusus yang berada pada sekolah inklusi melalui pembelajaran self regulated learning. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan diberikan pola belajar dengan memberikan motovasi-motivasi kepada peserta didik dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Selain itu yang terutama mereka dapat bergaul dan tidak merasa canggung belajar bersama dengan peserta didik lainnya. Pembelajaran seperti ini perlu ditingkatkan kembali guna meningkatkan rasa percaya diri dan tentunya sebagai upaya pembentukan karakter untuk memperisapkan generasai penerus bangsa di era kemajuan teknologi saat ini. Mempersiapkan generasi muda untuk bisa bersaing perlu persiapan yang matang dan bukan proses yang instan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EARLYCHILDHOOD

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

EARLY CHILDHOOD EARLY CHILDHOOD is a scientific journal containing research results and community service related to Early Childhood, published by PG-PAUD, Faculty of Teacher Training and Education Muhammadiyah University of Tasikmalaya. Published 2 times in 1 year in the field of Early Childhood ...