Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 3, No 2 (2019)

STUDI KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2016 MELALUI UJIAN KOMPREHENSIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI

Wardana, Aditia Eska (Unknown)
Nurochmah, Andi (Unknown)
Sutisnawati, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Ujian komprehensif harus diikuti oleh siswa departemen pendidikan termasuk Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kompetensi sosial siswa melalui pengujian komprehensif program studi pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Wawancara dan tes dilakukan pada 65 siswa dari program studi pendidikan guru sekolah dasar, penguji ujian komprehensif yang terdiri dari delapan dosen PGSD UMMI. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi sosial siswa program studi pendidikan guru sekolah dasar melalui ujian komprehensif dikategorikan baik, karena mereka yang melampaui kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 69% atau 45 siswa, sedangkan 31% atau sebanyak Sebanyak 20 siswa di bawah KKM untuk kompetensi sosial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...