Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 1 No 2 (2019): November

Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw pada Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa Kelas XII MIPA 6 di SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020

Samsuari Samsuari (SMA Negeri I Gedeg Kabupaten Mojokerto)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Kekawatiran bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam dalam penggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab. Metode pembelajaran gotong royong distruktur sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota dalam satu kelompok melaksanakan taanggung jawab pribadinya karena ada sistem akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin perbaikannya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Biologi dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan Pertumbuhan dan perkembangan pada siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Tahun Pelajaran 2019/2020. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Biologi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pokok bahasan Pertumbuhan dan perkembangan pada siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I (71,11%), siklus II (82,22%), Siklus III (91,11%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...