Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services)
Vol. 1 No. 1 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Virtual Program Java Pada Guru Fisika Dan Siswa SMA

Susilawati Susilawati (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Aris Doyan (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Ahmad Harjono (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Kosim Kosim (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dan siswa tentang pembelajaran inkuiri berbasis media virtual program java pada mata pelajaran fisika. Adapun materi fisika yang disampaikan dalam pengabdian ini terdiri dari gerak benda, percepatan benda dan hukum Newton, serta gerak jatuh bebas. Secara umum kegiatan pelatihan ini berhasil  dan terlaksana dengan baik, karena guru-guru fisika yang menjadi peserta merasa mendapatkan bekal cara-cara menyampaikan materi fisika menggunakan model inkuiri berbasis media virtual program java dan termotivasi untuk menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, di akhir pertemuan mereka menginginkan kegiatan ini berkelanjutan untuk penguatan konsep fisika bagi guru SMA. Kata Kunci:Pembelajaran Inkuiri; Media Virtual Program Java

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMSI) | p-ISSN : 2715-2545, e-ISSN : 2715-2537 |merupakan salah satu jurnal Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini diterbitkan oleh Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains ...