Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018): EQUALS

Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Darussalam Barandasi

Khaerani Khaerani (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UMMA)
Yasmin Yasmin (SKB Jeneponto)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode Student Recap. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada semester genap 2016/2017 di MA DARUSSALAM BARANDASI pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik statistik t (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Student Recap dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI dikategorikan cukup baik. Secara umum, hasil belajar matematika siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI dengan menggunakan metode Student Recap berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 36,67%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...