Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2019): EQUALS

Efektivitas Penggunaan Maple Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear II Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros

Rahmawati Rahmawati (Universitas Muslim Maros)
Khaerani Khaerani (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aljabar linera II dengan dan tanpa menggunakan Maple dalam pembelajaran, dan efektivitas penggunaan Maple dalam terhadap hasil belajar aljabar linear II . Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 pada mahasiswa jurusan pendidikan matematika semester IV dan VI yang berjumlah 44 orang. Penitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Maple dalam meningkatkan hasil belajar aljabar linear II lebih efektif dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...