Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2019): EQUALS

Analisis Kesulitan Anak dalam Membaca Huruf Hijaiyyah Berdasarkan Pandangan Matematis

Khadijah Khadijah (STKIP Pembangunan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Potensi belajar sudah ada sejak lahir dan berkembang seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan fisik seseorang. Karena pengaruh lingkungan, seorang anak usia 5 tahun tertarik untuk mempelajari huruf Hijaiyah, namun anak mengalami kesulitan membaca huruf Hijaiyyah yang mengalami perubahan tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan letak kesulitan anak dalam membaca huruf Hijaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki kemampuan 100% dalam membaca huruf dasar dari huruf Hijaiyyah, anak memiliki kemampuan 94 % dalam membaca huruf Hijaiyyah yang sudah bersambung membentuk kata, dan anak memiliki kemampuan 71 % dalam membaca huruf Hijaiyyah yang sudah diikuti dengan perubahan tanda baca. Ditemukan letak kesulitan anak yaitu pada perubahan tanda baca huruf Hijaiyyah yang disebabkan oleh tahapan perkembangan anak yang masih memiliki keterbatasan dalam memikirkan tentang bentuk simbolik dan fokus anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...