Jurnal Sistem Cerdas
Vol. 1 No. 1 (2018): Smart System

Optimalisasi Layanan Pengaduan Masyarakat pada Pemerintah Kota Binjai Menggunakan eGovernment berbasis Data Kependudukan

Muhammad Idaham (Politeknik Medan)
Heru Pranoto (Unknown)
Ahmad Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Berbagai bentuk layanan penggaduan yang telah diimplementasi oleh banyak pemeritah kota, kabupaten, provinsi ataupun pemerintah pusat. Layanan penggaduan tersebut berbentuk layanan pengaduan langsung, call center, sms center, aplikasi berbasis web dan layanan berbasis mobile. Bentuk layanan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan dan masih perlu adanya pengoptimalan penggunaan agar layanan tersebut meningkat efektivitas dan efesiensinya terhadap penanganan pengaduan masyarakat. Pada tulisan ini memaparkan oprtimalisasi penggunaan egovernment yang terinterasi dengan data kependudukan dengan perancangan aplikasi, uji coba aplikasi pada lingkup kecil, perumusan optimalisasi dan kajian dari hasil penerapan aplikasi pada masyarakat kota binjai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jsc

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sistem Cerdas dengan eISSN : 2622-8254 adalah media publikasi hasil penelitian yang mendukung penelitian dan pengembangan kota, desa, sektor dan kesistemam lainnya. Jurnal ini diterbitkan oleh Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) dan terbit setiap empat bulan ...