Medica Arteriana (Med-Art)
Vol 1, No 2 (2019): Desember 2019

Patofisiologi dan Tatalaksana Osteochondral Lesion of the Talus

Maghrizal Roychan (Department of orthopaedic and traumatologic, Faculty of medicine Airlangga University / RSUD Dr.Soetomo)
Andre Triadi Desnantyo (Department of orthopaedic and traumatologic, Faculty of medicine Airlangga University / RSUD Dr.Soetomo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Osteochondral Lesion of the Talus (OLT) adalah kelainan pada tulang talus di lapisan subchondral yang berupa lesi osteochondral pada talar dome dengan konsekuensi abnormalitas pada tulang rawan sendi talar.  Review artikel bertujuan menjabarkan patofisiologi dan tatalaksana OLT.Metode: Review artikel menggunakan literatur terkini  yang relevan dengan topik OLT.Hasil: Pasien biasanya datang berobat ke tenaga kesehatan dengan keluhan yang tidak spesifik dan dengan gejala seperti nyeri pada pergelangan kaki, bengkak serta berkurangnya berkurangnya ruang gerak (range of movement). Penegakan diagnosis bisa dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sederhana seperti foto X-ray maupun pemeriksaan penunjang canggih seperti CT-Scan dan MRI. Tatalaksana pada OLT tergantung dari tahapan lesi, kronisitasnya, dan keluhan simtomatis yang menyertainya. Pasien dengan keluhan simtomatis yang akut dan non-displaced sering diberikan terapi konservatif dengan imobilisasi. Lesi yang tidak berhasil atau tidak menunjukkan perbaikan keluhan setelah 3 sampai 6 bulan, serta lesi dengan displacement dapat direncanakan untuk terapi operatif. Ada beberapa macam tehnik operatif yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan OLT. Teknik operatif ini dapat dikategorikan menjadi cartilage repair, cartilage regeneration dan cartilage replacement techniques.Kesimpulan: OLT adalah lesiosteocondral pada talar dome yang dapat diterapi dengan terapi konservatif dan operatif  cartilage repair, cartilage regeneration dan cartilage replacement techniques. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MedArt

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Medica Arteriana (Med-Art) is an open access journal as the official scientific journal of the Faculty of Medicine University Muhammadiyah of Semarang. The Journal publishes articles in medical and health sciences resulted from basic sciences, clinical sciences and community health (public health, ...