Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Vol 12, No 2 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Maret 2013

PENGARUH PENGANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMDA MELALUI SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS: PEMDA KAB KUDUS)

Dwi Sudaryanti (Unknown)
Wiwiek Rabiatul Adawiyah Najmudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penganggaran terhadap kinerja pemerintahdaerah dan pengaruh SIKD terhadap hubungan antara penganggaran dan kinerja pemerintah daerah. Penelitianini dilaksanakan di Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian inimerupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada seluruh SKPD di Kabupaten Kudus.Jumlah kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 kuesioner atau sebesar 69,44% dari totalkuesioner yang disebar sejumlah 72 kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya diuji kualitas data, uji asumsiklasik dan uji hipotesis dengan analisis regressi linier.Hasil uji kualitas data menunjukkan bahwa data yang digunakan untuk penelitian reliabel dan valid,sedangkan hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data yang digunakan bebas dari multikolinieritas,heteroskedatisitas dan autokorelasi serta terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenganggaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja, namun penganggaran berpengaruh secarasignifikan terhadap kinerja melalui Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD). Penganggaran berbasis kinerjamengutamakan upaya pencapaian hasil kerja dari perencanaan alokasi biaya yang ditetapkan sedangkan SIKDmerupakan salah satu bentuk pengendalian yang digunakan untuk pencapaian kinerja. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa penganggaran berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah melaluiSistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD).Keywords: Kinerja, Penganggaran, Sistem Informasi Keuangan Daerah, Pemerintah Daerah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jebi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang mempublikasikan hasil -hasil penelitian dan kajian pustaka dibidang ekonomi manajemen, Akuntansi dan Bisnis. Jurnal Ekonomi dan bisnis Terbit secara berkala dua kali dalam setahun yaitu dibulan Maret dan September. ...