Jurnal Fisika Indonesia
Vol 19, No 55 (2015)

Perhitungan Numerik Rapat Keadaan Graphene Monolayer Menggunakan Metode Newton Raphson (Halaman 53 s.d. 56)

Ilham Pebrika (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281, Indonesia)
Iman Santoso (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2015

Abstract

Telah dilakukan perhitungan secara numerik terhadap rapat keadaan pada graphene layer tunggal. Rapat keadaan dihitung berdasarkan persamaan energi dispersi E(k) pada energi rendah. Pada umumnya rapat keadaan dihitung secara numerik menggunakan persamaan N(E) = Nf ∑k δ(E − E(k)), yakni ketika posisi ε = E(k) dengan Nf merupakan faktor degenerasi. Nilai N(E) dikelompokan berdasarkan nilai-nilai yang hampir sama yang kemudian dijumlahkan menjadi nilai rapat keadaan. Hanya saja metode ini memiliki ralat yang lebih besar karena nilai N(ε) yang diperoleh dianggap sama dengan nilai yang terdekat. Pada kajian ini nilai rapat keadaan dihitung dengan metode yang berbeda yakni mengimplementasikan nilai ε = E(k) tetapi dengan pendekatan nilai yang mendekati nilai yang sebenarnya. Nilai tersebut direpresentasikan dengan nilai akar-akar dari persamaan energi dispersi dikurangi nilai level energi E sebegai fungsi pembuat nol (E(k) − E). Nilainya dapat dihitung dengan metode newton-raphson. Nilai akar ini kemudian diidentifikasikan dengan nilai 1 dan dijumlahkan per level energi E sehingga setiap levelnya memiliki nilai rapat keadaan yang telah dijumlahkan berdasarkan banyak akar yang ada. Dari perhitungan rapat keadaan menggunakan metode newton-raphson diperoleh nilai yang sama dengan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jfi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Fisika Indonesia (JFI) Is an open access scientific peer-reviewed journal published by Department of Physics Universitas Gadjah Mada that publishes researches on Physics, covering both theory, experiments, computation and applied physics including geophysics. We have a mission to build ...