JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2017)

PENGARUH KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOMITMEN GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN KOPANG TAHUN 2017

Mulawarman Mulawarman (Unknown)
Joni Rokhmat (Unknown)
Muntari Muntar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung keadilan distributif (X1), keadilan prosedural (X2), keadilan interaksional (X3), dan kepuasan kerja guru (Y) terhadap komitmen guru (Z). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 62 guru yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data dianalisis dengan analsis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja guru dipengaruhi langsung oleh keadilan distributif  sebesar 16.32% dan oleh keadilan interaksional  sebesar 25%. Secara bersama keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional memberi pengaruh terhadap kepuasan kerja guru sebesar 55,1%. Sisanya sebesar 44.9% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak terjelaskan dalam model. Komitmen guru dipengaruhi langsung oleh keadilan interaksional sebesar 12.53% dan oleh kepuasan kerja guru sebesar 24.40%. Secara bersama keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan interaksional, dan kepuasan kerja guru memberi pengaruh terhadap komitmen guru sebesar 36%. Sisanya sebesar 64% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak terjelaskan dalam model.Kata Kunci : Komitmen Guru, Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Keadilan Interaksional, dan Kepuasan Kerja Guru. The Effects Of Organizational Justice On Job Satisfaction And Its Impact On Teachers Commitment In 2017 ABSTRACT             This study aims to determine the direct and indirect effects of distributive justice (X1), procedural justice of teachers (X2), interactional justice (X3), and job satisfaction (Y) to teacher commitment (Z). This study uses quantitative methods with a sample of 62 teachers determined by proportional random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and data were analyzed using path analysis. The results showed that the job satisfaction of teacher is directly influenced by distributive justice equal to 16.32% and by interactional justice equal to 25%. Collectively distributive justice, procedural justice, and interactional justice have an effect on teacher's job satisfaction of 55.1%. The remaining 44.9% is the influence of other variables that are not explained in the model. The commitment of teachers is directly influenced by interactional justice of 12.53% and by job satisfaction of 24.40%. Collectively distributive justice, procedural justice, interactional justice, and job satisfaction affect the teacher's commitment by 36%. The remaining 64% is the influence of other variables that are not explained in the model.Keyword: Organizational Justice, Job Satisfaction, Teachers Commitment. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada ...