Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)

PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA INDUSTRI KUE BAWANG BINA KARYA KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Yulianda, Airine (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Industri Kue Bawang Bina Karya Rengat. Industri ini memproduksi keripik bawang sebagai makanan khas kota Rengat. Perumusan masalah yang akan diteliti adalah apakah kepuasan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, apakah kepuasan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan apakah kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Industri Kue Bawang di Rengat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Industri Kue Bawang Bina Karya Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.   Data yang dikumpulkan adalah data primer. Data primer adalah data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner atau data yang didapat dari konsumen. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah dengan menggunkan metode kuantitatif yaitu dengan regresi linear berganda, uji t dan uji f.   Hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,404 + 0,491X1 +0,451X2 artinya loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,404 apabila X1(kepuasan) dan X2(kepercayaan) sama dengan 0(nol). b1 koefisien regresi kepuasan sebesar 0,491 artinya setiap peningkatan kepuasan(X1) sebesar 1 dan variabel kepercayaan konstan maka akan terjadi peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 0,491. b2 koefisien regresi kepercayaan sebesar 0,451 artinya setiap peningkatan kepercayaan(X2) sebesar 1 dan variabel kepuasan konstan maka akan terjadi peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 0,451. Nilai korelasi sebesar 0,879 artinya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen sangat kuat karena mendekati angka 1, untuk determinasi variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan terhadap Y sebesar 77,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang yang tidak diteliti. Hasil untuk uji Fadalah F hitung (136,037) > F tabel (3,11) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel kepuasan dan kepercayaan secara bersama ? sama memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t untuk kepuasan(X1) adalah t hitung (3,892) > dari spada t tabel (1,989) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk kepercayaan (X2) karena t hitung (5,880) > dari pada t tabel (1,989) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen ...