Abstrak –Pelaksanaan ujian nasional di SMP, SMA / SMK sederajat yang dilaksanakan olehKementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia selalu mengalami perubahan, baik darisegi manfaat, teknis pelaksanaan, banyaknya model paket soal sampai dengan cara mengoreksi hasilujian. Seiring dengan perkembangan teknologi ujian nasional kini mulai dilaksanakan dengan sarana komputer secara on line atau lebih dikenal dengan istilah Computer BasedTest ( CBT). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara satu variabel denganvariabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya dengan pendekatankuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model(TAM) I dengan metode SEM program PLS. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakanmetode Analisis Component Based SEM atau Partial Least Square (PLS). Hasil yang diperoleh daripenelitian ini ditemukannya pengaruh yang signifikan dan tidak signifikan dari variabel eksternal sertabeberapa persepsi yang berpengaruh terhadap pelaksanaan CBT di Kulon Progo.Kata kunci: TAM, pengalaman, kerumitan, kesesuian tugas, sikap pengguna
Copyrights © 2017