Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA KELAS V MATA PELAJARAN PKn DI SDN 1 HALIMAUNG JAYA

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKKata Kunci: Pendekatan, Humanistik, hasil belajar.Fakta menunjukan bahwa sampai saat ini masih sering terjadi praktik pendidikan yangmembelenggu kebebesan hakiki manusia. Tidak jarang juga terjadi praktik pendidikan yangmemperlakukan peserta didik tidak lebih sebagai pelayan dengan menempatkan posisi pendidiksebagai tuannya. Peserta didik masih saja menjadi objek. Mereka diposisikan sebagai orang yangtertindas, orang yang tidak tahu apa-apa, orang yang harus dikasihani, oleh karenanya harusdijejali dan disuapi bahkan dilakukan indoktrinasi-indoktrinasi. Pendekatan humanistik adalahpendekatan yang lebih manusiawi, ramah seperti kedekatan orang tua dengan anaknya, penuhkasih sayang. Pelaksanaan pendekatan humanistic adalah berorientasi pada individu danpengembangan diri (self).Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SDN 1 Halimaung Jaya kecamatan SeruyanHilir Timur Kabupaten Seruyan dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 25 orang,terdiri dari 10 laki-laki 15 Perempuan, Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahunpelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 3 siklus, dimanasetiap siklus dilaksanakan sesuai dengan tingkat perubahan yang ingin dicapai. Sebagai acuandari refleksi awal adalah acuan guru selama observasi. Penelitian tindakan kelas dengan prosedura) perencanaan (planning), b) pelaksanaan tindakan (acting), c) observasi (observating), d)refleksi (reflection).Keberanian siswa bertanya dan mengemukakan pendapat, rerata perolehan skor padasiklus pertama 59.75% menjadi 69.44% pada siklus 2 dan 78.56% pada siklus 3. Pada siklus 3mengalami kenaikan 9.12% dari siklus 2.Indicator motivasi dan kegairahan dalam mengikutipelajaran pada siklus pertama 60.20% dan pada siklus kedua 76.65% dan pada siklus ketiga82.56%. Aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran pada siklus 2 dan siklus 3mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1. Pada siklus 2 mengalami kenaikan12.38% dibandingkan dengan siklus I. sedangkan pada siklus 3 mengalami kenaikan 9.23 %dibandingkan dengan siklus 2. Aktivitas siswa yang kurang relevan dengan kegiatan diatasmengalami penurunan persiklus yaitu siklus II 9.23 % dibandingkan siklus I dan siklus III10.03 % dibandingkan siklus II. Skor rerata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaranmengalami peningkatan dari siklus pertama, siklus kedua dan peningkatan signifikan pada siklusketiga. Skor rerata aktivitas siswa yang kurang relevan dengan pembelajaran mengalamipenurunan dari siklus pertama, siklus kedua dan mengalami penurunan yang signifikan padasiklus ketiga. Skor rerata pemahaman siswa tentang materi-materi yang telah disampaikanmengalami peningkatan, demikian juga pada penuntasan belajar siswa mengalami peningkatan.41PENDAHULUANA. Latar BelakangPendidikan merupakan faktor terpenting dalam

Copyrights © 2019