ABSTRAKKata Kunci : Kemampuan, Belajar IPS, Metode ResitasiPenelitian menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) gunameningkat hasil belajar IPS. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukanselama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telahdilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan metode belajar aktifmetode Resitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasionalpelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yangditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitusiklus I (62,96%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Penerapan metode belajaraktif metode Resitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasionalpelajaran mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajarpeserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakanbahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan metode belajar aktif metode Resitasi(Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasional pelajaran sehinggamereka menjadi termotivasi untuk belajar Penerapan metode belajar aktif metodeResitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasional pelajaranefektif untuk mengingatkan kembali materi Peninggalan Sejarah berskala nasional ajaryang telah diterima peserta didik selama ini, sehingga mereka merasa siap untukmenghadapi ujian kenaikan kelas yang segera akan dilaksanakan.
Copyrights © 2019