Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018

UPAYA MENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MELALUI PENYELENGGARAAN BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) DI GUGUS INTI UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kegiatan Belajar Mengajar dan BimtekDalam suatu proses pembelajaran, terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Disinilah sangat diperlukan kedisiplinan baik oleh guru maupun siswa. Terciptanya situasiyang disiplin dapat menimbulkan jalannya pelajaran, yang berpengaruh terhadappencapaian tujuan. Demikian pula bagi guru disiplin mengajar harus ditingkatkan agarsecara efektif dapat dicapai suatu etos kerja yang semaksimal mungkin dalam rangkameningkatkan mutu pengajaran di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam suatukehidupan, orang-orang yang berhasil dalam hidupnya kebanyakan dilandasi olehdisiplin diri yang sangat tinggi. Pendidikan sekolah dasar merupakan salah satu bentukpenyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arahpertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan(daya fikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap danperilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahapperkembangan yang dilalui oleh anak usia dini (Depdiknas, 2004). Sekolah memiliki tugasdan tanggung jawab yang cukup besar dalam mempersiapkan peserta didik yangberkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut kepala sekolah memiliki volume kerja yangsangat besar hal ini sesuai dengan pernyataan Supriadi (Mulyasa, 2003:24) menyatakanbahwa: Erat hubungannya antara mutu kepala sekolah dengan berbagai aspek kehidupansekolah seperti disiplin sekolah, iklim budaya sekolah, dan menurunnya perilaku nakalpeserta didik. Dengan demikan sangat jelas apabila ingin meningkatkan kualitas pesertadidik semenjak dini maka salah satunya ditentukan oleh kinerja menejerial administrasisekolah yakni kepala sekolah.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tentang penyelenggaraanBimbingan Teknis sebagai upaya peningkatan profesionalme guru dalam kegiatan belajarmengajar. (2) Untuk mengetahui peranan Bimtek sebagai upaya peningkatan prfesionalismeguru dalam kegiatan belajar mengajar. (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yangsignifikan tentang profesinalisme guru kegiatan belajar mengajar terkait denganpenyelenggaraan Bimbingan Teknis di Gugus Inti sekolah binaan Kecamatan SelatKabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018.Dari Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan teknis merupakan suatubentuk kegiatan yang merupakan bagian pengembangan staf dalam usaha meningkatkankemampuan profesional personel sekolah terutama guru dengan cara mengubah sikap,meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan. Bimbingan Teknis mempunyai perananpenting bagi upaya peningkatan profesional guru dalam kegiatan belajar mengajar, sebab Sebab menjadikan guru lebih maju, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebihmodern.

Copyrights © 2018