Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018

UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMP NEGERI 3 SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2017

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKUsaha meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia, untukmewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, di mana pendidikanmempunyai peranan penting dalam meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,kecerdasan, dan ketrampilan. Untuk melaksanakan tugas dalam meningkatkan mutu pendidikanmaka diadakan proses belajar mengajar, guru merupakan figur sentral, di tangan gurulah terletakkemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itutugas dan peran guru bukan saja mendidik, mengajar dan melatih tetapi juga bagaimana guru dapatmembaca situasi kelas dan kondisi dan kondisi siswanya dalam menerima pelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus.Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SMPN 3 Selat Kecamatan Selat.Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapanReward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru dikelas pada kegiatanbelajar mengajar. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakanberupa Reward dan Punishment, guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 0, dan guru yangterlambat kurang dari 10 menit sebanyak 18 orang guru. Penerapan Reward dan Punishment dapatmeningkat disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 3 Selat

Copyrights © 2018