JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol 7 No 1 (2016): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN TEKNIK ASESMEN TERHADAP HASIL BELAJAR TERMODINAMIKA

Tineke Makahinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran berbasis teknologi dan teknik asesmen terhadap hasil belajar Termodinamika, setelah mengontrol intelegensi mahasiswa. Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian ini ditentukan dengan cluster random sampling dengan jumlah responden 80 mahasiswa. Hasil penelitian ini setelah mengontrol inteligensi mahasiswa menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar Termodinamika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran pemanfaatan lingkungan lebih tinggi dari hasil belajar Termodinamika yang diajar dengan model pembelajaran animasi simulasi, 2) hasil belajar Termodinamika yang dinilai dengan asesmen proyek lebih tinggi dari hasil belajar yang dinilai dengan asesmen portofolio, 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis teknologi dan teknik asesmen terhadap hasil belajar Termodinamika mahasiswa, 4) hasil belajar Termodinamika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran pemanfaatan lingkungan diberi asesmen proyek lebih tinggi dari hasil belajar Termodinamika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran animasi simulasi diberi asesmen portofolio, dan 5) hasil belajar Termodinamika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran pemanfaatan lingkungan diberi asesmen proyek lebih tinggi dari hasil belajar Termodinamika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran pemanfaatan lingkungan diberi asesmen portofolio.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...