Pengembangan usaha pengolahan telur itik asin tidak hanya ditentukan dengan adanya daya dukung fisik alam. Faktor penting yang lebih menentukan adalah peternak itu sendiri melalui motivasi yang dimilikinya. Dibutuhkan dorongan untuk melakukan usaha yang optimal merupakan modal terpenting di samping kebiasaan bekerja dalam memproduksi telur itik asin. Tujuan peneilitian ini menganalisis tingkat motivasi peternak dalam menghasilkan telur itik asin dan melihat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi motivasi peternak dalam mengembangkan usaha telur itik asin. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4.888 peternak telur itik asin yang berasal dari 11 desa. Secara umum motivasi peternak dalam usaha telur itik asin dikategorikan tinggi. Peternak merasa usaha ini mampu mendukung hubungan sosial mereka dan bisa dikembangkan sebagai usaha keluarga. Faktor internal dan ekternal tidak mempengaruhi motivasi peternak telur itik asin.
Copyrights © 2015