JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 2 No 2 (2017)

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PPKN SISWA KELAS XI TATA NIAGA 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BANYUWANGI

Setiawan, Hepi (Unknown)
Permana, Bayu Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2017

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang mendorong anak untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini menuntut siswa yang aktif dalam melakukan keterampilan ilmiah di atas (bukan gurunya). Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data yang digunakan beberapa metode di antaranya interview, angket, dan observasi. Dalam menganalisa data menggunakan analisis data regresi linier ganda dua prediktor. Dari hasil perhitungan diketahui hasil belajar PPKn diperoleh F reg = 7,599 ? Ftabel 5%= 4,14. Dari hasil perhitungan diketahui perkembangan sosial PPKn diperoleh F reg = 6,359 ? Ftabel 5% = 4,14. Dari hasil perhitungan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 terhadap hasil belajar dan perkembangan sosial PPKn siswa diperoleh F reg = 8,914 ? Ftabel 5% = 3,29. Dari hasil perhitungan analisia data, diketahui Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar PPKn (X1) mempunyai sumbangan efektif sebesar 0,108% dan Perkembangan Sosial PPKn (X2) mempunyai simbangan efektif sebesar 0,093%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppkn

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JPPKn adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila & Kewareganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dua kali setahun yaitu April dan Oktober. JPPKn menerima artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian analisis kritis dalam bidang Pendidikan Pancasila dan ...