Kualitas Pendidikan sangat perlu ditingkatkan secara terus menerus, tidak hanya kualitas pelayanan di perusahan profit namun juga perusahan jasa ataupun lembaga. Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa puas siswa terhadap kualitas pendidikan yang diberikan di SMK Negeri 1 Tegalsari.Penelitian ini menggunakan metode servqual kriteria Gronroos dengan enam variabel yaitu : profeisonalism and skill, attitude and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trusworthtiness, recovery serta reputation and credibility untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan siswa. Responden berjumlah 89 siswa dan pengolahan data menggunakan tekhnik kuantitatif dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian dari 89 responden terdapat pengaruh kepuasan 5% dari variabel profeisonalism and skill, 8,9% attitude and behavior, 12,7 accessibility and flexibility, 16% reliability and trusworthtiness, 18,4 recovery, 12% reputation and credibility dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. hasil penelitian dapat disimpulkan setiap variabel berpengaruh terhadap kepuasan siswa, artinya jika variabel tersebut nilainya dinaikkan maka kepuasan siswa akan meningkat. Secara parsial variabel recovery mempunyai nilai t hitung paling besar artinya variabel ini berpengaruh paling besar bila dibadingkan dengan lima variabel yang lain. Hasil pengolahan data diperkuat dengan wawancara dari 5 Perwakila siswa yang secara Pasrsial) maupun simultan terhadap pelayanan pendidikan yang diberikan di SMK Negeri 1 Tegalsari
Copyrights © 2019