PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2019): Edisi April 2019

PERBANDINGAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA JAMBI

Anggara Novia Noka Saputra (Universitas Batanghari)
Hasan Basri Said (Universitas Batanghari)
Eni Defitriani (Universitas Batanghari)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Conecting Organizing Reflecting Extending (CORE) dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan desain eksperimen Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Jambi yang terdiri dari delapan kelas. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang diambil secara random sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil diperoleh dari hasil analisis data yang dilakukan pada dua sampel diperoleh nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen 16,43 dengan simpangan baku 11,94 dan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas kontrol 14,28 dengan simpangan baku 11,93, serta hasil uji hipotesis diperoleh  2,32 dan  1,67 pada taraf nyata  yaitu 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut terlihat bahwa  lebih besar dari , maka  ditolak dan  diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Conecting Organizing Reflecting Extending (CORE) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci :Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran Conecting Organizing Reflecting Extending (CORE), Model Pembelajaran Konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...