Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL QALASADI

ANALISIS KESALAHAN TAHAPAN KASTOLAN DAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA FINANSIAL

Noviani, Julia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada mata kuliah matematika finansial berdasarkan model Polya dan tahapan kesalahan Kastolan. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih Takengon dengan subjek penelitian mahasiswa program studi Perbankan Syariah yang berjumlah 9 orang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes yang terdiri dari 3 soal dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kesalahan dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kesalahan konsep, kesalahan hitung dan kesalahan strategi. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan hitung yaitu sebanyak 11 kasus atau 45,83% dari semua kesalahan. Kesalahan konsep yang dilakukan oleh mahasiswa sebanyak 10 kasus atau 41,67% dan kesalahan strategi sebanyak 3 kasus atau 12,50% dari semua kesalahan. Tahapan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya yang paling banyak ditemukan kesulitannya adalah tahapan memahami masalah, pada tahapan ini mahasiswa tidak mampu menemukan fakta dan informasi yang terdapat dalam soal. Tahapan merancang suatu rencana, mahasiswa tidak dapat mengaitkan fakta-fakta yang di dapat dengan fakta lain secara tepat. Tahapan menyelesaikan rencana, belum mampu menghubungkan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah. Tahapan memeriksa kembali, mahasiswa terkesan terburu-buru dan kurang teliti sehingga tidak memeriksa kembali langkah-langkah pengerjaan yang dilakukan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...