Jurnal Akuakultura Universitas Teuku Umar
Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Akuakultura Universitas Teuku Umar

PENGARUH PEMBERIAN SUMBER NUTRIEN BERBEDA PADA MEDIA KULTUR TERHADAP KEPADATAN POPULASI DAN LAJU PERTUMBUHAN Daphnia sp.

Dini Islama (Program Studi Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan, Politeknik Indonesia Venezuela)
Nurhatijah Nurhatijah (Program Studi Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan, Politeknik Indonesia Venezuela)
Muhammad Muntadhar (Program Studi Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan, Politeknik Indonesia Venezuela)
Muhammad Fadhli (Program Studi Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan, Politeknik Indonesia Venezuela)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sumber nutrien berbeda pada media kultur terhadap kepadatan populasi dan laju pertumbuhan Daphnia sp. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap non faktorial dengan tiga perlakuan dan lima kali ulangan. Perlakuan yang diteliti adalah kultur Daphnia sp. dengan pemberian air endapan dedak fermentasi pada media (A), kultur Daphnia sp. dengan pemberian air endapan kotoran ayam pada media (B) dan kultur Daphnia sp. dengan pemberian bakteri merah pada media (C). Padat tebar awal Dahpnia sp. pada masing-masing wadah adalah 100 ind/l. Masa pemeliharaan Daphnia sp. berlangsung selama 20 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sumber nutrien berbeda pada media kultur berpengaruh nyata terhadap kepadatan populasi dan laju pertumbuhan Daphnia sp. Kepadatan populasi dan laju pertumbuhan Daphnia sp. tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian bakteri merah dalam media kultur (C) yaitu 1271.8 ind/l dan 0,14 ind/l/hari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jakultura

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Akuakultura Universitas Teuku Umar merupakan salah satu jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar. Jurnal Akuakultura terbit pertama kali pada tahun 2017 dengan jumlah terbitan dua kali dalam setahun, yaitu ...