The Indonesian Journal of Accounting Research
Vol 3, No 2 (2000): JRAI May 2000

Konsistensi Praktik Sistem Pengendalian Intern dan Akuntabilitas pada Lazis Konsistensi Praktik Sistem Pengendalian Intern dan Akuntabilitas pada Lazis (Studi Kasus di Lazis X Jakarta)

Iwan Triyuwono (Universitas Brawijaya)
Roekhuddin Roekhuddin (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2013

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menganalisa konsistensi antara praktik sistem pengendalian intern dengan pemahaman akuntabilitas manajemen sebuah Lazis di Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan single case study dan analisa deskriptif-kualitatif ditemukan bahwa terdapat ketidak-konsistenan antara praktik sistem pengendalian intern dengan pemahaman akuntabilitas.  Ketidak-konsistenan ini disebabkan oleh lemahnya sumber daya manusia.  Namun demikian, dari penelitian ini ditemukan adanya keunikan pada pemahaman akuntabilitas.  Akuntabilitas dalam konteks penelitian ini dipahami dalam tiga tingkatan, yaitu akuntabilitas pada muzakki, munfiq, dan musaddiq, pada Dewan Penasehat, dan pada Tuhan yang meliputi aspek fisik, mental, dan spiritual.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ijar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Private Sector : 1. Financial Accounting and Stock Market 2. Management and Behavioural Accounting 3. Information System, Auditing, and Proffesional Ethics 4. Taxation 5. Shariah Accounting 6. Accounting Education 7. Corporate Governance Public Sector 1. Financial Accounting 2. ...