SOLUSI
Vol 8, No 2 (2009)

PENGARUH PROSES BELAJAR, MOTIVASI, PENGALAMAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERSEPSI MANAJER TENTANG INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA (SURVEY PADA PERUSAHAAN MENENGAH DI KABUPATEN BANYUMAS)

Puji Lestari (Unknown)
Irianing Suparlinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor proses belajar, motivasi, pengalaman dan kepribadian terhadap persepsi manajer tentang informasi akuntansi keuangan. Selanjutnya juga      akan diuji pengaruh persepsi manajer tentang informasi akuntansi keuangan terhadap kinerja perusahaan menengah di Kabupaten Banyumas.Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner tarhadap 18 orang manajer perusahaan menengah di Kabupaten Banyumas. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama adalah regresi liner berganda dan untuk menguji hipotesis kedua adalah regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, faktor-faktor proses belajar, motivasi, pengalaman dan kepribadian berpengaruh signifikan terhadap persepsi manajer tentang informasi akuntansi keuangan. Sementara itu, secara parsial hanya faktor motivasi, pengalaman, dan kepribadian yang berpengaruh signifikan terhadap persepsi manajer tentang informasi akuntansi keuangan. Selanjutnya, hasil pengujian juga menunjukkan bahwa persepsi manajer tentang informasi akuntansi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan menengah di Kabupaten Banyumas.Kata kunci : persepsi manajer, infonnasi akuntansi keuangan, kinerja perusahaan menengah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

solusi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and ...