JI-Tech
Jurnal JI-Tech Vol.10 No.2 (2014)

Aplikasi Mobile Sales Module Untuk Agen Penjual Pulsa Berbasis Android (Studi Kasus Agen Penjual Pulsa Pada Voucher Extra)

Muhammad Bagir (Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT)
Eka Yuliastuti (Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2020

Abstract

Persaingan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, khususnya pulsa, saat ini semakin meningkat. Termasuk penyediaan fasilitas bagi para agen penjual yang tersebar di lapangan dalam menjalankan aktifitas pemesanan dan pendataan reseller. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan harus menyediakan sebuah aplikasi dengan fitur-fitur yang dapat mendukung aktifitas para agen, terutama dalam bentuk aplikasi mobile. Pada perusahaan penjual pulsa VoucherExtra, fasilitas yang diberikan saat ini masih berupa buku besar, yang jika ingin di-update ke dalam database harus menunggu kedatangan agen untuk diinputkan laporannya. Penggunaan perangkat mobile dalam aktifitas agen dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pencatatan terhadapinformasi pendaftaran reseller, pesanan dan kunjungan agen ke toko/reseller agar data-data tersebut dapat langsung tersimpan secara online ke database. Maka dikembangkan suatu aplikasi yang berjalan pada perangkat mobile yaitu Aplikasi Sales Module yang dibangun menggunakan Java Android dan Mysql sebagai database-nya. Aplikasi yang dibangun ini terhubung secara online dalam hal penyimpanan data, khususnya penyimpanan terhadap aktifitas pemesanan dan pendataan reseller yang dilakukan oleh para agen di lapangan. Dengan penggunaan aplikasi ini diharapkan proses pengumpulan data oleh agen dapat dilakukan secara lebih otomatis dan lebih hemat dalam penggunaan waktunya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jitech

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal JI-Tech merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh LPPM STTI NIIT dan terbit 2 kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Ruang lingkup publikasi yang akan diterbitkan dalam jurnal JI-Tech adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Komputer, Aplikasi Mobile, ...