Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia
Vol. 14 No. 2 (2010)

Faktor-Faktor dalam Diri Auditor dan Kualitas Audit: Studi Pada Kap ‘Big Four’ di Indonesia

Icuk Rangga Bawono (Unknown)
Elisha Muliani Singgih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2010

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dari dua penelitian sebelumnya (Aji, 2009 dan Rahman, 2009), mengenai bagaimana independensi, pengalaman, due professional care dan akuntabilitas mempengaruhi kualitas audit. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) “Big Four” Indonesia. Penelitian ini menggunakan random sampling sederhana yang dilakukan dengan penentuan jumlah sampel yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin formula sehingga hanya 125 kuesioner yang dapat diproses. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi, pengalaman, due professional care dan akuntabilitas mempengaruhi kualitas audit secara berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa independensi, due professional care dan akuntabilitas secara parsial mempengaruhi kualitas audit akan tetapi pengalaman tidak berpengaruh pada kualitas audit. Penelitian ini juga membuktikan bahwa independensi merupakan faktor dominan yang berpengaruh pada kualitas audit. Untuk penelitian di masa yang akan datang, penelitian ini menyarankan pengembangan cakupan wilayah survei dan penambahan lebih banyak variabel yang dapat mempengaruhi kualitas audit.Kata kunci: independensi, pengalaman, due professional care, akuntabilitas, kualitas audit

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JAAI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKUNTANSI & AUDITING INDONESIA (JAAI) is published by Accounting Department, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia and Supported by IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia - Kompartemen Akuntan Pendidik). Published twice a year on June and December, JAAI is a media of communication ...